Pengertian Internal Audit


Internal Audit

Definisi Internal Audit yang disadur dari beberapa sumber.

Audit Internal adalah kegiatan pemastian dan konsultasi yang independen dan objektif yang dirancang untuk menambah nilai dan meningkatkan operasi organisasi. Audit internal membantu organisasi mencapai tujuannya melalui pendekatan yang sistematik dan teratur untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas proses pengelolaan risiko, pengendalian, dan tata kelola.




Definisi tersebut merupakan terjemahan bebas dari definisi yang termuat di dalam The International Professional Practices Framework (IPPF) yang dirilis oleh The Institute of Internal Auditors (The IIA) tanggal 1 Januari 2009. Apabila Anda mendapati terjemahan yang kurang tepat sila untuk memberikan masukan. Teks definisi dalam bahasa resmi dalam rilis The IIA ada di bawah ini.


"Internal auditing is an independent, objective assurance and consulting activity designed to add value and improve an organization’s operations. It helps an organization accomplish its objectives by bringing a systematic, disciplined approach to evaluate and improve the effectiveness of risk management, control, and governance processes. (English)
Tujuan internal audit adalah “membantu para anggota organisasi agar mereka dapat melaksanakan tanggung jawabnya secara efektif. Untuk hal tersebut, auditor internal akan memberikan berbagai analisis, penilaian, rekomendasi, petunjuk dan informasi sehubungan dengan kegiatan yang sedang diperiksa” (Tugiman,1997:99).

Menurut Tunggal (2000:2), tujuan internal audit adalah “untuk membantu anggota organisasi dalam pelaksanaan yang efektif dari tanggung jawab mereka”.

Adapun tujuan pemeriksaan intern disini bukan lagi kecermatan matematis, tetapi adalah manajemen control. Begitu pula yang dikatakan oleh Hiro Tugiman dalam standar professional audit internal, yaitu pemeriksaan yang memiliki kewajiban melaporkan aktivitas perusahaan pada tingkat manajemen.Pendekatan umum dan arah pemeriksaan intern dinyatakan dalampernyataan berikut :

“Keseluruhan tujuan pemeriksaan intern adalah untuk membantu segenap anggota manajemen dalam menyelesaikan tanggung jawab mereka secara efektif dengan memberi mereka analisis, penilaian, saran dan komentar yang objektif mengenai kegiatan atau hal-hal yang diperiksa”.

Untuk mencapai keseluruhan tujuan ini, maka akuntan intern harus melakukan beberapa aktivitas sebagai berikut :

a. Memeriksa dan menilai baik buruknya pengendalian atas akuntansi keuangan dan operasi lainnya.

b. Memeriksa sampai sejauh mana hubungan para pelaksana terhadap kebijakan,rencana dan prosedur yang telah ditetapkan.

c. Memeriksa sampai sejauh mana aktiva perusahaan dipertanggungjawabkan dan dijaga dari berbagai macam kerugian.

d. Memeriksa kecermatan pembukuan dan data lainnya yang dihasilkan oleh perusahaan.

e. Menilai prestasi kerja para pejabat atau pelaksana dalam menyelesaikan tanggung jawab yang telah ditugaskan (Tunggal,1997:22-23).
Dari pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa tujuan intern audit secara keseluruhan adalah membantu manajemen dari seluruh tingkatan di dalam perususahaan dan memiliki suatu kewajiban untuk melaporkan aktivitas perusahaan tersebut pada tingkat manajemen.



Adapun 10 Buku terlaris yang mengupas tuntas INTERNAL AUDITBerdasarkan order yang diterima  IIA Bookstore selama tahun 2010, berikut ini 10 buku paling laris sepanjang tahun:

1.  A New Auditor’s Guide to Planning, Performing, and Presenting IT AuditsPedoman baru dari IIA Research Foundation untuk membantu auditor internal memahami keseluruhan proses dan aktivitas yang dilakukan dalam melakukan audit seputar teknologi informasi dan komunikasi.

2.  Best Practices: Evaluating the Corporate CultureMemberikan pemahaman bagaimana teknik mengevaluasi soft control yang terbukti efektif pada berbagai organisasi. Teknik yang dapat disesuaikan untuk organisasi lain sesuai kebutuhan.

3. Internal Auditing: Assurance and Consulting Services, 2nd EditionBuku teks utama yang disponsori oleh IIA Research Foundation yang berisikan hal-hal fundamental yang dapat diterapkan dalam profesi yang terus bergerak ini.

4. CIA Model Exam Questions – IPPF AlignedPanduan belajar bagi Anda yang bersiap diri menghadapi ujian CIA. Berisikan 400 contoh pertanyaan (100 pertanyaan per Part) beserta pembahasan jawabannya. Sangat berguna untuk familiarisasi soal-soal ujian CIA. Syukur-syukur ada yang keluar di ujian!

5. Sawyer’s Internal Auditing, 5th EditionBuku referensi ‘wajib’ yang perlu dimiliki oleh praktisi auditor internal. Buku ini terhitung legendaris dan menunjukkan evolusi praktik auditor internal selama puluhan tahun.

6. Implementing The International Practices Framework, 3rd EditionHandbook ini merupakan pedoman praktik bagi aktivitas audit internal untuk menerapkan IPPF dan menuntun kepatuhan terhadapnya langkah-demi-langkah.

7. Certified Government Auditing Professionals (CGAP) Exam Study QuestionsPanduan belajar bagi yang akan mengambil ujian CGAP, yaitu profesional auditor internal di sektor publik (di Amerika Serikat khususnya). Berisi sebanyak 230 pertanyaan beserta pembahasan jawabannya.

8. International Professional Practices FrameworkMerupakan buku pedoman yang dikeluarkan oleh IIA untuk memberikan standar yang wajib diikuti dan panduan praktik lain yang sangat disarankan untuk diterapkan oleh praktisi auditor internal di seluruh dunia.

9. Using Surveys in Internal AuditsBuku ini memberikan panduan bagi auditor internal yang ingin atau perlu menggunakan teknik survey dalam melakukan penugasannya.10. Quality Assessment Manuals, 6th EditionBuku manual yang memberikan panduan dan tools untuk menerapkan program pemastian kualitas dan peningkatan (QAIP), termasuk bagaimana menguji dan menilai program tersebut. Pada edisi ke-6 ini telah disesuaikan dengan IPPF yang baru.


Sumber :1. http://auditorinternal.com/2010/01/18/definisi-audit-internal-pada-ippf-2009/2. http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2052553-tujuan-internal-audit/#ixzz1wFHX69Jd
3. http://auditorinternal.com/2010/11/14/sepuluh-buku-audit-internal-terlaris-2010/

1 comment: